Skip to main content
Universitas Mataram
  • All courses
  • Panduan
    Pedoman SPADA Aktivasi Akun Dosen Mahasiswaa
  • You are not logged in. (Log in)
  • Home

Pembelajaran Pendidikan Dokter

  1. Home
  2. Courses
  3. Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
  4. Pembelajaran Pendidikan Dokter
  • 1 Page 1
  • 2 Page 2
  • 3 Page 3
  • 4 Page 4
  • 5 Page 5
  • 6 Page 6
  • 7 Page 7
  • 8 Page 8
  • 9 Page 9
  • 10 Page 10
  • …
  • 23 Page 23
  • » Next page

Blok EpidPK 25/26 Blok Epidemiologi dan Penelitian Kedokteran Ganjil 2025/2026

  • Teacher: Azizatul Adni M.Psi.Psikolog -

Blok Homeostasis 2 - TA 2025/2026 (Ganjil) Blok Homeostasis 2 - TA 2025/2026 (Ganjil)

  • Teacher: Nurmi Hasbi. S.Si. M.Si 199202212022032009

Blok Homeostasis 1 - TA 2025/2026 (Ganjil) Blok Homeostasis 1 - TA 2025/2026 (Ganjil)

  • Teacher: Nurmi Hasbi. S.Si. M.Si 199202212022032009

BLOK 21 KEDOKTERAN KELUARGA 2025/2026 7S21DK21

  • Teacher: Wiwin Lastyana, S.Tr.Gz., M.K.M Lastyana
7S21DK21

Blok Kedokteran Keluarga merupakan blok terakhir dari total 21 blok yang ada pada

pendidikan pre klinik FK Unram. Blok ini termasuk dalam mata kuliah wajib bagi mahasiswa

semester VII (tahun keempat akademik). Blok Kedokteran Keluarga dilalui dengan masa studi

sepanjang 5 minggu dengan rincian, 4 minggu efektif dan 1 minggu untuk masa ujian. Blok

XXI merupakan blok yang mempelajari tentang kedokteran keluarga. Blok ini memberikan

pengetahuan kepada mahasiswa tentang keluarga, masalah kesehatan yang ada dalam

keluarga, peran keluarga dalam masalah kesehatan, kedokteran keluarga serta pengenalan

mengenai dokter keluarga. Pada akhir blok mahasiswa diharapkan:

1. Mahasiswa mampu menganalisis konsep dan peran keluarga dalam bidang kesehatan

2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi permasalahan kesehatan keluarga dan

merancang upaya intervensi

3. Mahasiswa mampu menganalisis sistem pelayanan kesehatan primer sebagai bagian

dari sistem kesehatan nasional termasuk:

a) Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP)

b) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM)

c) Sistem jaminan kesehatan

d) Sistem rujukan

4. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang inter-professional collaboration dalam ILP

5. Mahasiwa mampu merancang metode promosi kesehatan yang efektif untuk masalah

kesehatan keluarga

6. Mahasiswa mampu menjelaskan peran dokter keluarga dalam perubahan perilaku

dengan menggunakan pendekatan perubahan perilaku

7. Mahasiswa mampu menjelaskan peran dokter keluarga dalam surveilans, KLB,

wabah dan bencana serta kesiapsiagaan / ketahanan keluarga dalam menghadapi

bencana

Dalam pelaksanaan minggu efektif mahasiswa dipaparkan dengan kegiatan perkuliahan,

tutorial dengan 5 judul skenario dalam proses diskusi, penugasan dan keterampilan medik

yang berjalan beriringan dengan blok ini. Metode evaluasi yang digunakan dalam blok 21 ini

adalah Multiple Choice Question (MCQ) untuk ujian akhir blok dalam bentuk Computer

Based Test (CBT), kuis setiap minggu, dan beberapa penugasan lain

Go To Course

BLOK ENDOKRIN BLOK XV - SISTEM ENDOKRIN 2025/2026

  • Teacher: Veni Fidia
BLOK XV - SISTEM ENDOKRIN 2025/2026

Blok Endokrin merupakan blok pembelajaran pada semester 5 tahun ketiga Program Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram yang berlangsung selama lima minggu (27 Oktober–28 November 2025). Blok ini membahas berbagai permasalahan kesehatan yang berkaitan dengan sistem endokrin, metabolisme, dan nutrisi, seperti gangguan gizi, kelainan pertumbuhan, perubahan berat badan, gangguan tiroid, dan keluhan khas endokrin lainnya. Tujuan utama blok ini adalah membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan klinis, dan sikap profesional dalam menangani kasus-kasus endokrin sesuai standar kompetensi dokter Indonesia (SPPDI/SKDI 2024). Pembelajaran mencakup tujuh area kompetensi, yaitu komunikasi, keterampilan klinis, landasan ilmiah kedokteran, pengelolaan masalah kesehatan, pengelolaan informasi, mawas diri dan pengembangan diri, serta etika dan profesionalisme. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kuliah, tutorial berbasis masalah, praktikum, diskusi kelompok kecil (SGD), dan belajar mandiri yang menekankan kolaborasi, analisis kasus, dan penerapan konsep ilmiah. Untuk mengikuti blok ini, mahasiswa diharapkan telah memahami anatomi, fisiologi, dan embriologi sistem endokrin. Blok ini juga berhubungan erat dengan blok Biomedik, Homeostasis, Metabolisme Energi, Perilaku, serta Tahap-tahap Kehidupan, dan didukung oleh berbagai cabang ilmu kedokteran seperti anatomi, fisiologi, biokimia, patologi, farmakologi, serta ilmu klinik dan kesehatan masyarakat.


Go To Course
  • 1 Page 1
  • 2 Page 2
  • 3 Page 3
  • 4 Page 4
  • 5 Page 5
  • 6 Page 6
  • 7 Page 7
  • 8 Page 8
  • 9 Page 9
  • 10 Page 10
  • …
  • 23 Page 23
  • » Next page
  • All courses
  • Panduan
    • Pedoman SPADA
    • Aktivasi Akun
    • Dosen
    • Mahasiswaa
You are not logged in. (Log in)
Get the mobile app